Selasa, 23 Oktober 2012

Review Jurnal


Klik jurnal disini.

Jurnal ini membahas keeefektifan teknik mnemonic pada pelajaran biologi untuk anak SMP. Disini awalnya kita harus menjelaskan bahwa biologi merupakan pengetahuan yang eksplisit yaitu pengetahuan yang tampak adanya. Selain itu, biologi merupakan suatu pengetahuan yang konseptual, dimana di dalamnya terdapat banyak hafalan. Oleh karena itu, teknik mnemonic cocok untuk membantu siswa dalam pelajaranhafalan biologi tersebut.
Teknik mnemonic merupakan teknik yang memiliki komponen-komponen untuk memori jangka panjang, seperi asosiasi, organisasi, imajinasi dan pengulangan. Informasi agar dapat masuk ke dalam memori jangka panjang, haruslah terus dilakukan pengulangan. Dan untuk dapat memudahkan kita melakukan pemanggilan kembali informasi yang ada dalam memori jangka panjang dapat dapat juga dilakukan teknik mnemonic ini.
Menurut buku Learning and Instruction,  Margaret E. Gredler, dalam belajar kita hendaklah menyadari pentingnya pengetahuan sebelumnya untuk dapat diasosiasikan dengan pengetahuan yang baru kita dapatkan. Dengan begitu akan memudahkan kita dalam proses belajar dan mengingat pengetahuan tersebut. Kemudian, pengorganisasian pengetahuan yang akan dipelajari. Ada dua pengorganisasian pengetahuan, yaitu presentasi guru dan teks. Buku teks yang dibaca tidak selalu jelas dan mudah dipahami, oleh karena itu kebanyakan siswa sulit untuk memahaminya. Sehingga dibutuhkan juga presentasi guru yang dapat membuat informasi tersebut menjadi jelas.
Dalam teknik mnemonic ini berarti kita melakukan pengkodean-pengkodean terhadap informasi. Proses ini terjadi dalam situasi memori kerja. Untuk mempertahankan informasi dalam memori kerja ini kita harus melakukan pengulangan secara terus menerus dan dalam latar yang familier.
Pengkodean mempunyai dua strategi, yaitu pengulangan primer dan pengulangan elaborative. Pengulangan elaborative lebih bertahan lama di memori karena: dikaitkan dengan pengetahuan sebelumnya, diganti dengan symbol lain atau dilengkapi dengan informasi tambahan untuk mengingat. Teknik mnemonic merupakan salah satu contonhya. Agar efektif dalam pengambilan kembali (retrieval), mnemonic harus memenuhi tiga kriteria: (1) petunjuk harus reliabel (2) harus mudah dikatikan dengan informasi yang baru dipelajari (3)petunjuk-petunjuk itu harus berbeda satu sama lain dan mudah diidentifikasi perbedaannya agar tidak terjadi kebingungan.

1 komentar: