Klik jurnal disini.
Jurnal
ini membahas keeefektifan teknik mnemonic pada pelajaran biologi untuk anak
SMP. Disini awalnya kita harus menjelaskan bahwa biologi merupakan pengetahuan
yang eksplisit yaitu pengetahuan yang tampak adanya. Selain itu, biologi
merupakan suatu pengetahuan yang konseptual, dimana di dalamnya terdapat banyak
hafalan. Oleh karena itu, teknik mnemonic cocok untuk membantu siswa dalam
pelajaranhafalan biologi tersebut.
Teknik
mnemonic merupakan teknik yang memiliki komponen-komponen untuk memori jangka
panjang, seperi asosiasi, organisasi, imajinasi dan pengulangan. Informasi agar
dapat masuk ke dalam memori jangka panjang, haruslah terus dilakukan
pengulangan. Dan untuk dapat memudahkan kita melakukan pemanggilan kembali
informasi yang ada dalam memori jangka panjang dapat dapat juga dilakukan
teknik mnemonic ini.
Menurut
buku Learning and Instruction, Margaret
E. Gredler, dalam belajar kita hendaklah menyadari pentingnya pengetahuan
sebelumnya untuk dapat diasosiasikan dengan pengetahuan yang baru kita dapatkan.
Dengan begitu akan memudahkan kita dalam proses belajar dan mengingat
pengetahuan tersebut. Kemudian, pengorganisasian pengetahuan yang akan
dipelajari. Ada dua pengorganisasian pengetahuan, yaitu presentasi guru dan
teks. Buku teks yang dibaca tidak selalu jelas dan mudah dipahami, oleh karena
itu kebanyakan siswa sulit untuk memahaminya. Sehingga dibutuhkan juga
presentasi guru yang dapat membuat informasi tersebut menjadi jelas.
Dalam
teknik mnemonic ini berarti kita melakukan pengkodean-pengkodean terhadap
informasi. Proses ini terjadi dalam situasi memori kerja. Untuk mempertahankan
informasi dalam memori kerja ini kita harus melakukan pengulangan secara terus
menerus dan dalam latar yang familier.
Pengkodean
mempunyai dua strategi, yaitu pengulangan primer dan pengulangan elaborative.
Pengulangan elaborative lebih bertahan lama di memori karena: dikaitkan dengan
pengetahuan sebelumnya, diganti dengan symbol lain atau dilengkapi dengan
informasi tambahan untuk mengingat. Teknik mnemonic merupakan salah satu
contonhya. Agar efektif dalam pengambilan kembali (retrieval), mnemonic harus
memenuhi tiga kriteria: (1) petunjuk harus reliabel (2) harus mudah dikatikan
dengan informasi yang baru dipelajari (3)petunjuk-petunjuk itu harus berbeda
satu sama lain dan mudah diidentifikasi perbedaannya agar tidak terjadi
kebingungan.
saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
BalasHapusterimakasih ya infonya :)