Selasa, 09 Oktober 2012

Analisa Pengalaman Pribadi Berdasarkan Teori Skinner


Pengalaman:
  • Saya sudah banyak bergonta-ganti shampoo. Suatu kali saya mencoba shampoo merk X yang saya rasa membuat rambut saya menjadi lembut dan gampang di atur. Lalu saya memakai shampoo itu terus. Pernah suatu kali saya membeli shampoo lain dan memakainya, karena uang saya tidak cukup membeli shampoo yang bagus itu. Ketika saya pakai beberapa kali, rambut saya menjadi keras dan susah diatur. Dan akhirnya saya tidak pakai shampoo itu lagi dan membeli shampoo X lagi.

  • Ketika datang bulan saya selalu merasa kesakitan hingga tidak bisa beraktivitas. Suatu kali, mama memberi obat dan menyuruh saya tidur. Ketika bangun, perut saya sudah mulai enakan. Lalu, pernah suatu kali karena di sekolah saya datang bulan, dan tidak bisa tidur hanya meminum obat saja. Namun, sakit perut saya tetap tidak berkurang. Karena sering kejadian seperti terulang, jika saya datang bulan hari pertama di sekolah, saya akan pulang saja dan tidur di rumah setelah meminum obat.
Analisis
Pengalaman saya di atas merupakan proses belajar yang dihasilkan oleh penguatan. Seperti yang dikatakan Skinner, proses belajar adalah sebuah perubahan prilaku. Saya belajar bahwa shampoo yang cocok untuk rambut saya adalah merk X, dan saya mengubah prilaku saya untuk mengganti shampoo lain dengan shampoo merk X ini. Saya belajar bahwa obat penghilang rasa sakit datang bulan itu hanya akan efektif jika ketika dibarengi dengan tidur.
Skinner mengenalkan istilah reinforcement negatif dan positif. Reinforcement positif adalah penguatan berdampak pada meningkatnya prilaku yang diikuti dengan stimulus yang mendukung. Sedangkan reinforcement negatif adalah penguatan yang membuat prilaku meningkat namun diiringi dengan penghilangan stimulus.
Dari pengalaman saya di atas dapat disimpulkan bahwa:
-          Reinforcement positif:
Contoh  1: Prilakunya memakai shampoo merk X. Konsekuensinya rambut menjadi lembut dan mudah diatur. Prilaku seterusnya tetap memakai shampoo X.

-          Reinforcement negatif
Contoh 2 : Prilakunya minum obat dan tidur. Konsekuensinya sakit perutnya berkurang. Prilaku seterusnya tetap meminum obat dan diiringi dengan tidur.
Pada contoh 1 shampoo merk X memberikan penguatan positif terhadap prilaku saya karena rambut menjadi lembut. Pada contoh 2 tidur dan meminum obat memberikan penguatan negatif karena membuat sakit perut saya hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar