Dari
3 buah kertas sebagai stimulus yang diberikan oleh bu Dina, saya membuat
undangan pesta dan gantungan “don’t disturb”. Memang tidak ada hubungan antara
keduanya, namun saya hanya membuat apa yang saya pikirkan waktu itu saja dan
tidak ada alasan khusus mengapa membuat itu. Hanya saja karena stimulus yang
diberikan bu Dina berupa kertas dan instruksi untuk menghasilkan suatu produk,
saya pun berpikir apa yang bisa saya buat dengan kertas tersebut dan muncullah
ide membuat gantungan tersebut dan undangan pesta.
Skinner
menjelaskan adanya penguatan positif dan negatif. Penguatan positif diikuti
oleh stimulus baru sedangkan penguatan negatif menghilangkan stimulus. Atau
bisa dipahami dengan kata lain bahwa penguatan positif menguatkan prilaku tapi
stimulusnya mendukung namun, penguatan negatif akan menurunkan prilaku namun
diiringi dengan penghilangan stimulus.
Stimulus
diskrkminatif adalah stimulus yang hadir ketika respon memproduksi konsekuensi
yang menguatkan. Jadi, ada stimulus diskriminati kemudian menghasilkan respon
dan konsekuensi yang menguatkan.
Contoh
penguatan negatif:
Seorang
anak disuruh untuk mengerjakan PR setiap malam (stimulus diskriminatif). Sehingga
anak mengerjakannya (Respons). Dan orang tuanya pun berhenti untuk menyuruh
terus (Konsekuensi). Stimulus dari orang tua menghasilkan respon pada anak yang
kemudian menghasilkan konsekuensi yang menguatkan prilaku anak namun
menghilangkan stimulus.
Contoh
penguatan positif:
Ada
kesempatan bertanya jawab saat pelajaran di sekolah (stimulus diskriminatif).
Siswa memberikan pertanyaan yang bagus (Respon). Guru memuji murid tersebut
(Konsekuensi). Dan besoknya dia semakin sering bertanya. \
Dari contoh di atas, asumsinya, bahwa respon lah yang akan
meningkat dan konsekuensi adalah prilaku yang menguatkan.
Nah, dari kegiatan di kelas yang dilakukan tadi, dapat juga
dilihat berlakunya teori Skinner. Dalam hal ini, 3 buah kertas dan instruksi
untuk membuat produk yang diberikan oleh Bu Dina itu sebagai stimulus
diskriminatif. Kemudian prilaku kita berpikir dan membuat produk dari kertas
tersebut merupakan respons. Dan produk yang dihasilkan itu merupakan
konsekuensi. Tak hanya itu, bagi produknya yang dinilai terbaik juga diberikan
reward. Skinner juga menjelaskan tentang reward ini juga merupakan faktor
penguat prilaku juga.
Berikut merupakan gambar dari hasil produk saya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar