No
|
Fungsi Umum Teori
|
Contoh
|
1
|
Sebagai kerangka riset
|
Ketika adik saya berumur 4 tahun, memukul saya tanpa alasan dengan
keras, saya meringis sakit dan mendiamkannya ketika dia ajak berbicara.
|
2
|
Memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi
|
Saya belajar ketika ujian karena saya tidak ingin mendapatkan nilai
rendah dan tidak mau membuat malu dan kecewa orang tua.
|
3
|
Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
|
Ketika terjadi gempa, papa saya wajahnya tidak menunjukkan
tanda-tanda panik, beliau bersikap siaga, dan malam hari tidak tidur karena
terus siap siaga. Wajah papa yang tidak menunjukkan kepanikan mungkin
merupakan suatu pertahanan dirinya agar dia juga tidak bertambah panik.
|
4
|
Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
|
Waktu kecil saya pernah dikejar anjing, pengalaman terus membekas
hingga sekarang, sehingga saya takut melihat anjing jika dia ada berada di
dekat saya
|
5
|
Bertindak sebagai penjelasan kerja dari berbagai peristiwa
|
Saya menyukai Micahel Jackson ketika dia sudah meninggal, saya mulai
menonton konsernya karena ditawarkan oleh om saya, dan setelah itu saya
menjadi suka dengan Michael. Setelah itu Michael juga semakin sering
diberitakan di media dan om saya juga sering memutar video konsernya,
sehingga saya menjadi makin suka dengannya.
|
Teori pengkondisian klasik Skinner mengatakan pentingnya
reinforcement positif dan negatif. Saya memberikan reinforcement negatif kepada
adik saya yang berumur 4 tahun agar dia tidak lagi mengulangi perbuatan memukul
itu. Setiap kali dia memukul saya tidak mau berbicara dengannya. Saya
mencobakan teori yang telah dieksperimenkan oleh B.F. Skinner tersebut di
kehidupan nyata.
Teori motivasi menjelaskan bahwa seorang individu mempunyai
motivasi itu karena ada interaksi antara lingkungan dan personal diri seseorang
tersebut. Terlepas dari mana motivasi itu berasal, apakah dari dalam diri atau
luar diri seseorang, dia mempunyai ekspektansi nilai yang ingin dicapai. Itulah
yang terjadi di diri saya, saya tidak ingin mendapat nilai rendah, sehingga
saya belajar ketika ujian, dan itu dimotivasi oleh orang tua dan juga diri saya
sendiri.
Bandura menjelaskan bahwa seorang individu itu belajar dari
pengaruh lingkungan dan model yang dia lihat. Di atas saya mengatakan bahwa
saya menyukai Michael Jackson. Dan melalui tori dari Bandura yang menjelaskan
bahwa kita isa belajar dari lingkungan dpat menjelaskan mengapa saya mnyukai
Michael Jackson walaupun ketika itu dia sudah meninggal. Dengan orang-orang di
sekitar saya menyukai Michael ditambah lagi dengan teori penguatan bahwa
banyaknya media yang memberitakan kehebatan MJ, maka saya juga menjadi semakin
suka pula dengan dia. Bandura juga menjelaskan bahwa pengalaman seseorang
memberikan pembelajaran juga bagi individu. Penagalaman yang membekas ketika
saya dikejar anjing membuat saya menjadi takut kepada anjing untuk seterusnya
dan berusaha untuk menghindarinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar