Rabu, 26 September 2012

Fungsi Umum Teori Belajar & Perspektif Psikologis Tentang Faktor-Faktor Utama dalam Belajar


No
Fungsi Umum Teori
Contoh
1
Sebagai kerangka riset
Ketika adik saya berumur 4 tahun, memukul saya tanpa alasan dengan keras, saya meringis sakit dan mendiamkannya ketika dia ajak berbicara.

2
Memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi
Saya belajar ketika ujian karena saya tidak ingin mendapatkan nilai rendah dan tidak mau membuat malu dan kecewa orang tua.

3

Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
Ketika terjadi gempa, papa saya wajahnya tidak menunjukkan tanda-tanda panik, beliau bersikap siaga, dan malam hari tidak tidur karena terus siap siaga. Wajah papa yang tidak menunjukkan kepanikan mungkin merupakan suatu pertahanan dirinya agar dia juga tidak bertambah panik.

4
Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
Waktu kecil saya pernah dikejar anjing, pengalaman terus membekas hingga sekarang, sehingga saya takut melihat anjing jika dia ada berada di dekat saya

5
Bertindak sebagai penjelasan kerja dari berbagai peristiwa
Saya menyukai Micahel Jackson ketika dia sudah meninggal, saya mulai menonton konsernya karena ditawarkan oleh om saya, dan setelah itu saya menjadi suka dengan Michael. Setelah itu Michael juga semakin sering diberitakan di media dan om saya juga sering memutar video konsernya, sehingga saya menjadi makin suka dengannya.


Teori pengkondisian klasik Skinner mengatakan pentingnya reinforcement positif dan negatif. Saya memberikan reinforcement negatif kepada adik saya yang berumur 4 tahun agar dia tidak lagi mengulangi perbuatan memukul itu. Setiap kali dia memukul saya tidak mau berbicara dengannya. Saya mencobakan teori yang telah dieksperimenkan oleh B.F. Skinner tersebut di kehidupan nyata.
Teori motivasi menjelaskan bahwa seorang individu mempunyai motivasi itu karena ada interaksi antara lingkungan dan personal diri seseorang tersebut. Terlepas dari mana motivasi itu berasal, apakah dari dalam diri atau luar diri seseorang, dia mempunyai ekspektansi nilai yang ingin dicapai. Itulah yang terjadi di diri saya, saya tidak ingin mendapat nilai rendah, sehingga saya belajar ketika ujian, dan itu dimotivasi oleh orang tua dan juga diri saya sendiri.
Bandura menjelaskan bahwa seorang individu itu belajar dari pengaruh lingkungan dan model yang dia lihat. Di atas saya mengatakan bahwa saya menyukai Michael Jackson. Dan melalui tori dari Bandura yang menjelaskan bahwa kita isa belajar dari lingkungan dpat menjelaskan mengapa saya mnyukai Michael Jackson walaupun ketika itu dia sudah meninggal. Dengan orang-orang di sekitar saya menyukai Michael ditambah lagi dengan teori penguatan bahwa banyaknya media yang memberitakan kehebatan MJ, maka saya juga menjadi semakin suka pula dengan dia. Bandura juga menjelaskan bahwa pengalaman seseorang memberikan pembelajaran juga bagi individu. Penagalaman yang membekas ketika saya dikejar anjing membuat saya menjadi takut kepada anjing untuk seterusnya dan berusaha untuk menghindarinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar