Selasa, 18 Desember 2012

UJIAN AKHIR SEMESTER


Perbandingan mata kuliah psikologi belajar dengan mata kuliah lainnya

Fakta tugas-tugas mata kuliah psikologi belajar
Psikologi belajar merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan yang lebih dalam lagi mengenai proses belajar itu sendiri, serta cara-cara untuk dapat efektif mengajar di depan kelas. Tokoh-tokoh yang termasuk ke dalam bahasan pada mata kuliah ini adalah tokoh-tokoh yang sebagian besar sebelumnya sudah pernah dibahas juga. Namun, bedanya di mata kuliah ini pembahasan mengenai teori-teori yang dikeluarkan tokoh-tokoh itu lebih mendalam lagi dan lebih detail. Seperti, Albert Bandura, B.F. Skinner, Jean Piaget,  dan  Vygotsky.
Di awal-awal pertemuan, dosen pengampu memberikan kesempatan kami untuk berpartisipasi dalam penentuan penugasan yang akan dikerjakan setiap minggu. Setiap kelompok yang terdiri dari 3 orang, diberikan kesempatan untuk mengajukan pendapatnya mengenai apa tugas rumah yang akan dikerjakan untuk setiap minggunya sebelum memasuki kelas psikologi belajar dan juga kegiatan yang akan dilakukan di dalam kelas. Tugas yang akan dikerjakan itu harus dikaitkan dengan materi yang akan dibahas di kelas minggu berikutnya.  Dan setiap minggu tugasnya harus berbeda-beda.
Dosen pengampu, yaitu Bu Dina, menjadi media penyalur pendapat setiap kelompok yang ada dan menuliskan di papan tulis pendapat-pendapat setiap kelompok, kemudian di voting.  Sebelumnya, juga telah ditentukan secara diskusi juga dengan mahasiswa-mahasiswa yang mengambil mata kuliah psikologi belajar tentang materi-materi apa yang akan di bahas setiap minggunya hingga akhir pertemuan. Tugas-tugas yang telah disepakati bersama ada yang terdiri dari tugas individu dan ada juga yang tugas kelompok. Tugas-tugas yang telah disepakati itu, antara lain membuat mind map, menganalisis film dan dikaitkan dengan teori, menganalisis pengalaman sendiri yang sesuai dengan teori, mendiskusikan mengenai teori yang akan dibahas, serta mencari jurnal dan kemudian membahasnya dengan teori. Semua hasil tugas-tugas di atas di posting di setiap blog masing-masing mahasiswa.
Selain itu, dosen pengampu juga memberikan tugas untuk sebelum UTS yang pada akhirnya menjadi soal UTS, yaitu membuat konsep yang dapat diterapkan di dalam kelas berdasarkan satu teori yang telah dipelajari. Ide dan pembahasan mengenai konsep tersebut di posting di blog masing-masing mahasiswa. Tugas setelah UTS juga diberitahukan oleh dosen pengampu sekaligus, yaitu mempraktekkan konsep yang telah dibuat di dalam kelas psikologi belajar dengan mahasiswa sebagai pelajarnya.
Setelah UTS, dosen pengampu lebih sering berkomunikasi dengan siswa mengenai perkuliahan melalui jejaring sosial facebook. Tugas yang diberikan yaitu kunjungan ke SMK Tritech Indonesia Medan untuk melakukan observasi terhadap proses pembelajaran disana yang telah menggunakan e-learning web. Dosen pengampu juga menjelaskan tugas laporan yang harus dikerjakan setelah observasi tersebut.

Fakta tugas-tugas mata kuliah lain
Pada mata kuliah lain, sebagian besar menugaskan setiap kelompok untuk presentasi materi di depan kelas. Dan ada tugas-tugas yang harus dikerjakan juga di rumah yang telah ditentukan oleh dosen di kontrak ataupun yang diberikan sesuai dengan keinginan dosen setiap minggunya, jadi mahasiswa tidak diberitahu terlebih dahulu apa-apa tugasnya. Selain itu, semester 5 ini juga banyak tugas akhir yang proporsi nilainya besar pada mata kuliah seperti PPSDM, inventori kepribadian, konstruksi alat ukur, PSM, PABK.

Perbandingan
Perbandingan tugas-tugas yang diberikan mata kuliah lainnya dengan mata kuliah psikologi belajar ini sangat banyak sekali. Di antaranya, pada mata kuliah lain, tugas yang akan dikerjakan itu telah ditentukan oleh dosen di dalam kontrak tanpa berdiskusi dengan mahasiswa, sedangkan pada mata kuliah psikologi belajar, tugas yang akan dikerjakan setiap minggu itu diberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendiskusikannya dulu dan menentukan sendiri apa-apa saja tugasnya. Kemudian, mata kuliah psikologi belajar tidak membutuhkan presentasi sedangkan mata kuliah lain sebagian besar metodenya presentasi.Tugas di mata kuliah psikologi belajar juga lebih sering menggunakan sistem online dan lebih beragam sedangkan mata kuliah lain lebih sering berbentuk laporan atau paper.
Namun, yang sering menghambat proses pengerjaan tugas dalam mata kuliah psikologi belajar ini adalah deadline yang kadang terlalu cepat sementara tidak semua mahasiswa memiliki modem atau koneksi internet di rumah, sehingga agak sedikit menyusahkan. Walaupun, memang mata kuliah sebelumnya juga pernah memakai sistem seperti ini tapi khususnya saya sendiri masih agak terkendala, karena koneksi internet yang kurang bagus. Kemudian, yang menurut saya agak menyulitkan juga, karena tidak adanya patokan atau pedoman mana tugas yang benar dan yang salah, dan tidak mengetahui apa yang sebenarnya diminta dari suatu tugas tersebut, sehingga agak menyulitkan dalam pengerjaannya. Sebenarnya ada untungnya juga karena mahasiswa menjadi mengeluarkan isi pikiran masing-masing juga, namun bagaimana di jelaskan oleh Robert Gagne, feedback dalam pembelajaran itu juga dibutuhkan untuk dapat menambah pengetahuan serta menguatkan pemahaman mahasiswa dengan apa yang telah dipelajari dan dikerjakannya.
Sebenarnya tugas-tugas di mata kuliah ini sudah cukup jelas apa yang harus dikerjakan masing-masingnya, namun kadang bingung dengan tujuan tugas yang kurang dapat ditangkap oleh mahasiswa dan dosen pengampu hanya menyarankan mahasiswa untuk berpikir dan dapat memahami sendiri apa maksud dan tujuan tugas tersebut. Padahal disebutkan Gagne dalam teorinya pelajar akan lebih termotivasi jika dia mengetahui apa tujuan dari yang akan dipelajari tersebut, seharusnya ketika persiapan belajar, tujuan dari tugas harus dijelaskan terlebih dahulu. Seperti ketika tugas mengaitkan dengan teori mengapa tidak memberi komentar pada postingan facebook. Tugas-tugas yang tidak terduga seperti itu yang kentara sekali perbedaannya dengan tugas-tugas pada mata kuliah lainnya. Walaupun tugas tersebut tetap dapat dikerjakan oleh mahasiswa tapi kebanyakan tidak paham akan maksud dari tugas tersebut.
Secara keseluruhan tugas-tugas yang diberikan pasti memiliki manfaat sendiri bagi mahasiswa yang mengerjakannya. Yang pasti, tugas-tugas tersebut akan “memaksa” mahasiswa untuk membaca buku. Pada umumnya dalam tugas mata kuliah psikologi belajar ini banyak menuntut pengembangan sikap kita, yaitu bagaimana cara kita memutuskan, bagaimana dosen membebaskan kita untuk memilih aktivitas yang kita sukai, dan juga mengeksplor terus kreativitas mahasiswa, baik untuk kegiatan di dalam kelas maupun tugas untuk di rumah. Dibandingkan dengan mata kuliah lain, tugas-tugas pada mata kuliah psikologi belajar ini tidak monoton, memberikan kebebasan pada mahasiswa. Tugas yang diberikan pada mata kuliah psikologi belajar juga banyak menuntut pemikiran kita sendiri secara tertulis di dalam blog, yang berarti fokus dalam pengetahuan informasi verbal yang didapatkan oleh mahasiswa. Selain itu, keterampilan intelektual dan strategi kognitif juga lebih ditekankan dalam pengerjaan tugas. Sedangkan pada mata kuliah lain, pada umumnya menuntut atau lebih menekankan pada pengetahuan informasi verbal saja, keterampilan intelektual yang lebih tinggi jarang dieksplor dan tugas-tugas mendadak yang tidak terduga juga jarang terjadi, yang sebenarnya itu dapat melatih strategi kognitif kita dalam pengerjaannya.
Jadi, tugas-tugas yang diberikan mata kuliah psikologi belajar ini agak sedikit unik dibandingkan dengan tugas mata kuliah lain. Namun, keunikan itu sendiri memiliki plus dan negatifnya bagi mahasiswa, jika dapat disadari  tugas-tugas tersebut adalah untuk kebaikan mahasiswa dan melatih pengembangan pengetahuan yang lebih tinggi lagi bagi mahasiswa itu sendiri juga, sedangkan negatifnya mungkin hanya dalam pengerjaannya bagi mahasiswa itu sendiri menjadi agak sulit mungkin karena ketidakjelasan maksud dari beberapa tugas, tidak semuanya. Secara keseluruhan itulah perbedaan-perbedaan yang dapat saya bandingkan selama menjalani kuliah psikologi belajar ini dengan kuliah-kuliah lainnya. J

1 komentar:

  1. analisis dan feedback yang baik Nadya...:)
    Jika tata letak dari posting-mu ini juga menjadi perhatian, tentunya akan memberikan hasil yang lebih maksimal :)

    thanks

    BalasHapus