Rabu, 14 November 2012

Analisa Permasalahan Menggunakan Teori Gagne, Piaget dan Bandura

Mengapa mahasiswa Psikologi USU yang mengambil mata kuliah psikologi belajar 2012/2013 semester ganjil sebagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana observasi di lapangan?

Alasan saya tidak memberikan comment di postingan buk Dina di facebook mengenai kunjugan ke SMK, karena saya tidak termasuk ke dalam grup psikologi belajar dan tidak mengetahui ada pengumuman itu. Selain itu, saya juga sangat jarang membuka facebook, baru ketika di kasih tahu oleh kak Aisyah bahwa akan ada kunjungan ke SMK, dan saya membaca postingan itu dari facebook melalui handphone kak Aisyah, karena waktu itu handphone saya sedang lemot. Dan dari informasi yang diberikan memang ada yang saya belum mengerti, namun saya tidak bisa mengatakannya karena  saya idak memakai aun saya dan berencana untuk menanyakan ketika di kelas saja.

Jika dikaitkan dengan teori Robert Gagne, ada lima ragam belajar yang dikemukakan. Ada informasi verbal, keterampilan intelektual, keterampilan motorik, strategi kognitif, dan sikap. Postingan bu Dina merupakan informasi verbal yang dinyatakan untuk mahasiswa. Lalu jika dikaitkan dengan strategi kognitif dari pelajar, juga ada 9 tahapan belajar, yang pertama pemelajar memerhatikan stimuli. Dan saya sudah memerhatikan postingan bu Dina tersebut. Mengapa saya tidak memberikan comment, karena saya mengambil sikap behavioral atau predisposisi, yang maksudnya saya sudah memiliki langkah atau kesiapan untuk bertindak untuk bertanya ketika di kelas saja.
Jika dikaitkan dengan teori Bandura, mengenai self efficacy, saya merasa bahwa saya memiliki kemampuan untuk menanyakan langsung kepada bu Dina di kelas nanti apa yang kurang jelas menurut saya apa yang ada di postingan. Selain itu, karena melihat teman-teman yang lain juga tidak ada memposting comment saya juga tidak termotivasi untuk mengomment-nya disana.
Jika dikaitkan dengan teori Piaget, pada tahap operasional formal, seharusnya sudah dapat mengkonseptualisasikan  semua kombinasi faktor dalam situasi tertentu. Alasan saya tidak comment juga karena masih belum bisa merangkai dan menggabungkan semua informasi yang ada di dalam postingan dan masih bingung mau berbuat apa. Oleh karena itu saya lebih memilih untuk bertanya di kelas agar lebih jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar