Kelompok 1
Nadya Putri Delwis (10-024)
Setelah
kelompok mempresentasikan pelaksanaan micro teaching yang dilakukan di TK.
Aisyah, ada beberapa hal yang menjadi feedback untuk kelompok. Beberapa hal
tersebut adalah sebagai berikut.
1.
Ada seorang anggota kelompok yang
tidak dapat hadir karena terlambat.
2.
Ketika kelompok menampilkan video
pelaksanaan micro teaching, presenter
juga memberikan penjelasan mengenai video tersebut. Tetapi karena audio video yang tidak jernih, membuat penjelasan dan audio yang
berbarengan menjadi terdengar berisik.
3.
Ada beberapa hal yang ditujukan
kepada kelompok mengenai micro teaching. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah
sebagai berikut.
Ø
Pertanyaan : Berkaitan dengan
fenomena guru dikelas yang hanya
fokus pada murid-murid yang aktif
sehingga murid lain menjadi malu dan cenderung pasif. Bagaimana kelompok
menangani hal tersebut ketika menyampaikan materi dikelas ?
Jawaban : Kelompok akan tetap merespon dengan
memanggil anak
yang ditunjuk oleh gurunya untuk
maju kedepan (mi-sal, mencertitakan video edukasi yang sudah ditonton). Setelah
itu kelompok akan memanggil anak lain
yang tidak ditunjuk oleh gurunya. Bahkan jika anak tersebut tidak mau dan malu-malu,
salah seorananggotkelompok akan mendekatinya secara personal dan menanyakan apakah ia mau untuk maju kedepan.
Dan hasilnya cukup memuaskan, anak tersebut mengangguk dan mau untuk maju
kedepan.
Ø
Pertanyaan : Maksud penggunaan laptop oleh kelompok
ketika
micro teching apakah hanya digunakan
oleh kelompok selaku penyampai materi dikelas atau anak-anak juga ikut menggunakannya?
Jawaban : Sebenarnya penggunaan laptop ketika
micro teaching dimaksudkan digunakan oleh anggota kelompok selaku penyampai
materi untuk memperlihatkan video edukasi yang berupa animasi. Karena seperti
dijelaskan diawal, kelompok mengusung teori B.F. Skinner yang berorientasi pada
teknologi. Dengan pengguaan teknologi ini diharapkan akan lebih menarik
perhatian anak. Tetapi ketiak dilapangan, ada beberapa anak yang mencoba
mengeksplor kemampuannya dengan membuka-buka salah satu laptop anggota kelompok
dengan didampingi anggota kelompok itu sendiri.
Ø
Pertanyaan : Kelompok
mengatakan bahwa didalam kelas ada 3
orang anak berkebutuhan khusus. Apakah hal
tersebut tetap membuat kelas efektif?
Jawaban : Berdasarkan pengalaman micro
teaching, kelas cukup efektif. Karena semua anggota kelompok berusaha untuk
berada sedekat mungkin dan berinteraksi secara personal dengan semua anak.
Anggota kelompok tetap berinteraksi dengan 3 anak berkebutuhan khusus tersebut.
Sehingga kami bisa mengetahui apakah anak tersebut memahami materi yang
disampaian didepan kelas atau tidak.
Ø
Pertanyaan : Dalam video micro teaching yang kelompok 1 tadi
tampilan, saya melihat ada seorang
anak yang bermain mobil-mobilan dikelas dan tidak memperhatikan apa yang
anggota kelompok sampaikan didepan kelas. Bagaimana kelompok menanggapi hal
tersebut?
Jawaban :
Kebetulan anak itu adalah satu dari tiga anak yang berkebutuhan khusus yang
sudah kami jelaskan, banyak kegiatan yang dia lakukan dalam pelaksanaan
micro-teaching dan kami secara bergantian mengajak dia untuk kembali terlibat
dalam pelaksanaan micro-teaching.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar