Jumat, 25 Mei 2012

Review Presentasi Micro Teaching



Kelompok 1
Nadya Putri Delwis (10-024)

Setelah kelompok mempresentasikan pelaksanaan micro teaching yang dilakukan di TK. Aisyah, ada beberapa hal yang menjadi feedback untuk kelompok. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.
1.     Ada seorang anggota kelompok yang tidak dapat hadir karena terlambat.
2.     Ketika kelompok menampilkan video pelaksanaan micro teaching, presenter juga memberikan penjelasan mengenai video tersebut. Tetapi karena audio video yang tidak jernih, membuat penjelasan dan audio yang berbarengan menjadi terdengar berisik.
3.     Ada beberapa hal yang ditujukan kepada kelompok mengenai micro teaching. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut.



Ø  Pertanyaan : Berkaitan dengan fenomena guru dikelas yang hanya
fokus pada murid-murid yang aktif sehingga murid lain menjadi malu dan cenderung pasif. Bagaimana kelompok menangani hal tersebut ketika menyampaikan materi dikelas ?
Jawaban      : Kelompok akan tetap merespon dengan memanggil anak
yang ditunjuk oleh gurunya untuk maju kedepan (mi-sal, mencertitakan video edukasi yang sudah ditonton). Setelah itu kelompok akan memanggil    anak lain yang tidak ditunjuk oleh gurunya. Bahkan   jika anak tersebut tidak mau dan malu-malu, salah seorananggotkelompok akan mendekatinya secara         personal dan menanyakan apakah ia mau untuk maju kedepan. Dan hasilnya cukup memuaskan, anak tersebut mengangguk dan mau untuk maju kedepan.

Ø  Pertanyaan    : Maksud penggunaan laptop oleh kelompok ketika
micro teching apakah hanya digunakan oleh kelompok selaku penyampai materi dikelas atau anak-anak juga ikut menggunakannya?
Jawaban         : Sebenarnya penggunaan laptop ketika micro teaching dimaksudkan digunakan oleh anggota kelompok selaku penyampai materi untuk memperlihatkan video edukasi yang berupa animasi. Karena seperti dijelaskan diawal, kelompok mengusung teori B.F. Skinner yang berorientasi pada teknologi. Dengan pengguaan teknologi ini diharapkan akan lebih menarik perhatian anak. Tetapi ketiak dilapangan, ada beberapa anak yang mencoba mengeksplor kemampuannya dengan membuka-buka salah satu laptop anggota kelompok dengan didampingi anggota kelompok itu sendiri.

Ø  Pertanyaan     : Kelompok  mengatakan bahwa didalam kelas ada 3
  orang anak berkebutuhan khusus. Apakah hal tersebut tetap membuat kelas efektif?
Jawaban          : Berdasarkan pengalaman micro teaching, kelas cukup efektif. Karena semua anggota kelompok berusaha untuk berada sedekat mungkin dan berinteraksi secara personal dengan semua anak. Anggota kelompok tetap berinteraksi dengan 3 anak berkebutuhan khusus tersebut. Sehingga kami bisa mengetahui apakah anak tersebut memahami materi yang disampaian didepan kelas atau tidak.

Ø  Pertanyaan     : Dalam video micro teaching yang kelompok 1 tadi
tampilan, saya melihat ada seorang anak yang bermain mobil-mobilan dikelas dan tidak memperhatikan apa yang anggota kelompok sampaikan didepan kelas. Bagaimana kelompok menanggapi hal tersebut?  
Jawaban             :   Kebetulan anak itu adalah satu dari tiga anak yang berkebutuhan khusus yang sudah kami jelaskan, banyak kegiatan yang dia lakukan dalam pelaksanaan micro-teaching dan kami secara bergantian mengajak dia untuk kembali terlibat dalam pelaksanaan micro-teaching.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar