Minggu, 06 Februari 2011

Perkembangan kognitif anak-anak

Apakah bisa seorang anak pada tahap perkembangan pra-operasional menurut Teori Piaget, berada di tahap operasional konkret?

Pembahasan:
Seorang psikolog bernama Rochel Gelman, telah membuktikan bahwa seorang anak yang dalam usia pra-sekolah atau pra-operasional bisa mempelajari tahap operasional konkret (tahap ke-3). Rochel melatih anak-anak pada tahap pra-sekolah untuk dapat memperhatikan aspek-aspek tertentu dari tugas konservasi yang biasanya terdapat pada anak tahapan operasional konkret (umur 7-11 tahun).
Konservasi merupakan pikiran bahwa beberapa karakteristik dari objek itu tetap sama, walaupun objek tersebut berubah penampilannya. Misalnya, ada dua tabung yang sama berisi air dengan jumlah yang sama pula, kemudian air dalam salah satu tabung dipindahkan ke dalam tabung yang lebih tinggi dan lebih ramping, biasanya anak-anak pada usia pra-sekolah mengatakan bahwa air yang di dalam tabung yang lebih tinggi, lebih banyak daripada air dalam tabung pertama.
Namun, dengan latihan yang diberikan oleh Rochel Gelman kepada anak-anak pra-sekolah, hal tersebut ternyata dapat meningkatkan kemampuan si anak dalam tugas konservasi mereka. Jadi, menurut Rochel, dengan memberikan perhatian pada satu tugas konservasi pada anak, dapat meningkatkan kemampuan tugas konservasi lain si anak walaupun dia masih pada tahap pra-sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar